Mengungkap Kondisi Psikologis Melalui Tafsir Mimpi


Mimpi ternyata bisa dijadikan bahan untuk mempelajari atau mengungkap kondisi psikologis seseorang. Association for the Study of Dreams ternyata telah melakukan riset perihal mimpi dan menafsirkannya. Dari riset itu diperoleh tentang tema-tema serupa yang dialami mayoritas orang, dan itu ternyata membawa makna tertentu. Ketika manusia tertidur, sesungguhnya alam bawah sadar manusia itu tidak tidur. Ada sebagian orang meyakini bahwa ketika tidur, roh kita keluar dari tubuh, berkelana dan melakukan apa pun yang disukainya. Konon, mimpi adalah refleksi dari keinginan seseorang. Itulah sebabnya, mimpi hanya bisa hadir saat kita tertidur. Mimpi ternyata bisa dijadikan bahan untuk mempelajari kondisi mental dan pola hidup. Itulah yang dilakukan oleh Association for the Study of Dreams, dan hasilnya adalah sebagai berikut:
JATUH ATAU TENGGELAM
Termasuk salah satu mimpi yang paling umum. Mungkin semua orang pernah mimpi jatuh atau tenggelam, sampai muncul mitos bahwa orang-orang yang mimpi jatuh akan meninggal jika dalam mimpi itu jatuhnya menyentuh tanah. Dalam mimpi jatuh, biasanya kita jatuh melewati udara dan ketakutan. Kadang, kita mungkin mimpi terjun ke dalam air dan beresiko tenggelam. Orang dengan mimpi seperti ini khususnya merasa tidak aman atau kurang dukungan di dalam kehidupan mereka. Mimpi ini sering terjadi ketika Anda merasa kewalahan dan ingin rnenyerah. Jika Anda mimpi jatuh coba evaluasi situasi terkini Anda. Temukan masalah yang membuat Anda kewalahan. Atasi masalah tersebut dan mimpi ini kemungkinan tak akan mengunjungi Anda lagi.

MIMPI MENINGGAL ATAU SEKARAT
Di mimpi ini mungkin Anda menyaksikan orang yang Anda sayangi sakit, cedera atau sedang sekarat. Mimpi ini juga bisa memperingatkan Anda akan bahaya fisik yang akan dialami Anda atau orang yang Anda sayangi. Jika dalam mimpi ini yang meninggal adalah orang lain, kemungkinan berarti Anda merasa bagian tertentu dari diri Anda (yang dilambangkan orang tersebut) mati. Juga bisa berarti Anda mengharap orang tersebut pergi dari Anda untuk selamanya atau sebaliknya, Anda takut kehilangan mereka.

MIMPI TANPA BUSANA
Dalam mimpi ini bisa Anda yang tanpa busana di hadapan banyak orang, atau Anda melihat orang lain tanpa busana. Mimpi ini sering disertai dengan perasaan malu, tapi kadang disertai rasa bangga atau bebas. Makna mimpi ini adalah, Anda merasa terekspos, atau rapuh, atau takut Anda telah mengungkapkan terlalu banyak tentang diri Anda. Misalnya, rahasia atau perasaan yang sangat pribadi di dalam situasi hidup nyata. Fakta menarik tentang jenis mimpi ini adalah, mimpi ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang terlibat dalam upacara perkawinan dalam kehidupan nyata.
MIMPI GIGI RUSAK ATAU TANGGAL
Umumnya kita merasa tidak nyaman dengan mimpi ini. Bahkan mungkin menakutkan karena adanya mitos yang menyatakan bahwa mimpi gigi tanggal menandakan akan ada anggota keluarga dekat yang meninggal. Padahal menurut para ahli, makna dari mimpi ini adalah, kita takut dianggap tidak menarik. Pada tingkat yang lebih dalam, dapat menandakan rasa takut dipermalukan atau kehilangan kekuatan dalam kehidupan nyata.

MIMPI TERSESAT ATAU TERPERANGKAP
Biasanya terjadi ketika sedang berada dalam konflik dalam memutuskan bagaimana cara bereaksi terhadap situasi tertentu di dalam kehidupan riil. Di dalam mimpi, Anda berusaha mencari jalan keluar dari suatu area, misalnya hutan, jalan di kota, bangunan besar atau struktur seperti maze (jalan berliku-liku). Cara lain yang dimainkan mimpi ini adalah, Anda terjebak dikubur hidup-hidup, terjerat dalam jaring, atau tak bisa bergerak karena alasan lainnya. Seringkali disertai dengan rasa takut. Mimpi ini biasanya menandakan Anda terjebak dalam kehidupan riil, tak bisa membuat pilihan yang tepat.

MIMPI DIKEJAR
Mimpi dikejar benar-benar merupakan pengalaman yang mengerikan. Seringkali pengejarnya adalah monster atau seseorang yang menakutkan. Kadang, mungkin juga hewan yang mengejar. Mimpi ini mengungkapkan kemungkinan seseorang atau sesuatu membuat Anda merasa terancam. Salah satu cara untuk menentukan akar dari ancaman ini adalah bertanya pada diri sendiri, siapa atau apa di dalam hidup riil Anda yang paling mirip makhluk atau situasi di dalam mimpi Anda. Kadang, mimpi ini merupakan putaran ulang, replay dari peristiwa nyata di dalam hidup Anda.

MIMPI GAGAL UJIAN
Mimpi ini biasanya dialami orang-orang yang sudah lama meninggalkan bangku sekolah. Di dalam ini tergambarkan jika Anda tidak lulus karena berbagai skenario, Anda tak bisa hadir tepat waktu atau terlambat sehingga tak bisa ikut ujian, atau tak bisa menemukan ruang tes. Atau bisa juga Anda tak siap atau tidak belajar atau kehilangan alat. Mimpi ini biasanya berarti Anda merasa diuji dalam berbagai cara di dalam kehidupan nyata. Anda mungkin merasa tidak siap untuk sesuatu atau memainkan peran yang salah dalam hidup Anda.

MOBIL MOGOK ATAU RUSAK
Dalam mimpi ini Anda biasanya berada di dalam atau dekat dengan kendaraan jenis tertentu yang tak bisa dikendalikan atau bermasalah lain sehingga tak bisa bergerak. Dalam mimpi ini Anda bisa jadi penumpang atau pengemudi, meski padahal sebenarnya Anda tak bisa mengemudi. Biasanya berarti Anda merasa tidak berdaya terhadap sesuatu di dalam hidup Anda atau Anda akan mengalami benturan.

MIMPI KETINGGALAN BIS, KERETA, ATAU PESAWAT
Dalam mimpi ini, Anda lari mengejar bis, kereta api, pesawat atau transportasi umum lainnya, tapi gagal mencapainya. Biasanya hanya terlambat sedikit. Dalam mimpi ini biasanya Anda akan merasa frustasi, bukan takut. Mimpi ini juga bisa terjadi dalam bentuk lain; Anda datang terlambat untuk sebuah pertunjukan atau pertandingan olahraga penting, di mana Anda tampil sebagai pemain. Mimpi ini biasanya berarti Anda merasa kehilangan peluang penting di dalam kehidupan nyata. Sering dimimpikan ketika Anda berusaha memikirkan sebuah keputusan penting.

MESIN RUSAK
Dalam mimpi mesin rusak, Anda berusha menyalakan sebuah alat mekanik yang rusak atau menyala seperti yang Anda harapkan. Mayoritas dari mimpi ini mengenai telepon, apakah sambungan telepon putus, sulit memutar angka, atau memutar angka yang salah. Mimpi ini sering berarti Anda kehilangan sentuhan dengan realita, atau bagian dari badan atau pikiran Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Juga dapat terjadi ketika Anda merasa khawatir menghubungi orang lain di dalam hidup Anda.

< Info Unik & Misteri

Bagikan artikel ini di: