PRIMBON™

Menu Utama | Hubungi Kami | Pemasangan Iklan


Selamat Datang di PRIMBON™ Website!!!
Turut Melestarikan Warisan Budaya & Adat Kebiasaan Leluhur

Ramalan Rejeki

Ramalan Rejeki & Penghidupan Berdasarkan Mangsa & Hari Kelahiran.
Sumber: HOROSKOP JAWA Misteri Pranata Mangsa - Ki Hudoyo Doyodipuro, Occ

I. MANGSA KASO (23 Juni - 02 Agustus)
Bagi mereka yang terlahir pada Mangsa Kaso, pada umumnya bidang rejeki cukup baik. Tetapi adapula yang keberhasilan ekonominya setelah umur 45 tahun, adapula sejak masih muda sudah sukses. Penelitian sistem Horoskop Jawa pada bidang ekonomi, bagi mereka yang terlahir pada Mangsa Kaso di bagi menjadi Tiga Kelompok hari lahir. Pembagian kelompok itu disebabkan berbagai efek dari pengaruh sifat hari kelahiran dalam Mangsa Kaso. Adalah seperti yang tercantum berikut.
Eka - Kelompok I : Mereka yang terlahir pada hari Minggu, Rabu dan Jumat. Mereka ini terpengaruh daya pancaran gaib hari-hari kelahiran dari Mangsa Kaso. Pengaruhnya sangat kuat dalam bidang keberuntungan ekonomi keuangan pribadi. Rejeki dan keuangannya pasang surut tak menentu pada masa mudanya. Tetapi berkat ketekunan bekerja dan meningkatnya karier, maka setelah umur 35 tahun rejekinya mulai membaik. Bahkan lebih baik lagi, karena akan mendapatkan keuntungan yang tidak terduga.
Dwi - Kelompok II : Mereka yang terlahir pada hari Senin. Mereka ini terkena pengaruh pancaran gaib hari tersebut dalam Mangsa Kaso, pengaruhnya sangat kuat dalam bidang keberuntungan keuangan dan ekonomi pribadi. Sejak kecil tidak pernah mengalami kekurangan uang, sedangkan dalam bidang pekerjaan selalu dalam keadaan baik. Karena tepat memilih pekerjaan. Walaupun begitu, orang kelahiran hari Senin pada Mangsa Kaso ini sangat Matrialistis, tetapi gampang rejekinya. Lebih-lebih setelah berumur lebih dari 45 tahun, bisa menjadi seorang hartawan besar yang ternama.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka ini mendapatkan pengaruh sifat kelahirannya ialah Mangsa dan Hari, yang menyatu dalam dirinya dan mempengaruhi daya dan gaya kehidupan, baik tentang keuangan maupun ekonomi pribadi. Sesuai dengan sifat hari Selasa, Kamis dan Sabtu yang keras, berani, bijaksana, tegas dan welas asih. Maka begitu pula dalam tingkah mereka. Sehingga berpengaruh pula pada pelaksanaan penggunaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun rejekinya baik, tetapi banyak dihamburkan untuk kepentingan-kepentingan diluar anggaran pribadi. Artinya banyak dipergunakan untuk menolong orang lain. Lancar rejekinya, tetapi mudah mengeluarkan uang alias pemboros. Pada umur 29 tahun telah berhasil mendapat keberuntungan, tetapi karena pemborosan dengan mempergunakan uang untuk kepentingan orang lain. Maka barulah setelah lewat umur 36 tahun dapat sukses. Banyak orang yang menolongnya dengan tidak sengaja, tetapi banyak pula yang memusuhinya. Mereka yang memusuhi, adalah orang-orang yang iri padanya. Maka harus berhati-hati dalam memilih kawan, dan berhati-hati dalam segala langkah. Karena pada usia diatas 45 tahun dapat mencapai kegemilangan ekonomi dan keuangan. Sukses dan Dermawan.

II. MANGSA KARO (3 Agustus - 25 Agustus)
Bagi mereka yang terlahir pada Mangsa Karo, untuk mengetahui sebagai gambaran tentang rejeki keuangan dan ekonomi pribadi, haruslah diteliti lebih lanjut dengan hari kelahirannya. Karena untuk mendatanya diperlukan penelitian dengan Ilmu Horoskop Jawa. Di ikutsertakannya hari kelahiran dalam penelitian ini, karena besar pula pengaruhnya bagi diri seseorang dalam segala tindak, langkah dan nasibnya. Maka diketemukan pembagian kelompok menjadi 3 Kelompok, penjabarannya adalah sebagai berikut :
Eka - Kelompok I : Mereka yang terlahir pada Magsa Karo bertepatan pada Hari Minggu, Rabu dan Jumat. Mereka mempunyai rejeki yang kurang baik. Bahkan dapat hidup melarat. Sejak masih muda sudah mulai berusaha dalam bidang keuangan, walaupun sebagian besar kekayaannya dipergunakan untuk menolong orang lain. Bahkan ada kemungkinan dapat menjadi Pemimpin suatu Badan Sosial. Dia merasa puas dapat membantu kesusahan orang lain, walaupun akhirnya dia sendiri tidak punya apa-apa. Tetapi setelah umur lebih dari 35 tahun dia mulai berfikir dan memikirkan kepentingan keluarganya. Maka rejekinya yang sebenarnya adalah ketika umur 35 tahun, saat itu dia tidak akan kekurangan uang. Semua perjuangan dan usahanya untuk kesejahteraan keluarga.
Dwi - Kelompok II : Mereka yang terlahir pada Magsa Karo bertepatan pada Hari Senin. Pada umumnya mempunyai kesempatan dapat menjadi Kaya Raya. Bahkan mereka dapat menjadi orang Terpandang dan Dermawan. Rejekinya lebih mudah didapat kalau dia mudah pula memberi. Akan lebih stabil lagi cara penanganan keuangan dan ekonomi setelah mencapai usia menjelang 41 tahun, saat itu rejekinya mulai menanjak. Hidupnya penuh kegembiraan. Bahkan bahtera rumah tangganya tenang dan harmonis penuh bahagia.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Magsa Karo bertepatan pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pada kelompok ini nasibnya kurang begitu baik. Mereka selalu harus berjuang. Walaupun begitu ada saja orang yang menolongnya dari kesulitan keuangan. Tetapi dia lebih suka berjuang keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tetapi menjelang usai tua, rejekinya akan mulai membaik. Semua itu tentu saja berkat perjuangan yang gigih tanpa mengenal lelah.

III. MANGSA KATELU (26 Agustus - 18 September)
Bagi mereka yang terlahir pada Mangsa Kateu dapatlah diketahui gambaran ekonomi dan keuangannya sebagai perwujudan rejeki yang akan di anugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepadanya. Untuk kepentingan itu haruslah diteliti lebih lanjut dan mendalam berdasarkan Ilmu Horoskop Jawa. Maka diketemukanlah 3 kelompok hari lahir berdasarkan karakter masing-masing hari lahir, sebagai berikut :
Eka - Kelompok I : Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat. Kelompok ini berjiwa social. Walaupun sebenarnya sejak masih muda dia sudah pandai mencari uang, tetapi karena jiwa sosialnya terlalu tinggi, maka uangnya habis untuk menolong orang lain. Tetapi salah seorang diantara orang-orang kelompok ini akan berhasil terpilih menjadi ketua atau pengurus sebuah Badan Sosial. Dia akan merasa puas dengan keadaan itu. Tetapi setelah umurnya meningkat 29 tahun dan telah menikah, maka rejekinya akan lebih baik dan keuangannya menjadi stabil, sehingga tidak kekurangan uang.
Dwi - Kelompok II : Mereka adalah orang kelahiran Mangsa Katelu yang dilahirkan pada Hari Senin. Kelompok ini adalah kelahiran yang paling baik diantara orang Katelu, karena rejekinya bagaikan air sungai karena sukses dalam dunia usaha. Walaupun begitu dia masih mengutamakan kejujuran dan disiplin. Itu adalah moto orang Katelu, walau dirinya tidak senang menonjol, tetapi jiwa sosialnya tetap berkembang. Ekonomi dan keuangannya terus akan lebih bagus setelah dia menikah sejak umur 29 tahun dan 41 tahun rejekinya melimpah ruah.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Kelompok ini adalah orang-orang yang juga mempunyai keberuntungan yang cukup baik. Sehingga dia dapat mencapai kebahagiaan karena setiap permintaan badan social dia dapat menyumbangnya. Sifat dermawan yang telah tumbuh sejak masih anak-anak dan remaja terus terpupuk subur karena dia dikaruniai rejeki yang cukup baik. Banyak kawan-kawannya, kawan-kawannya itu selalu siap membantu bila diperlukan. Dia tidak sedikit pula mendapat keuntungan uang dari kawan-kawannya itu.

IV. MANGSA KAPAT (19 September - 13 Oktober)
Orang kelahiran Mangsa Kapat pada umumnya sejak kecil sudah hidup mewah. Tidaklah mengalami kesulitan dalam mencari nafkah. Karena seolah-olah dialah keberuntungan itu, keberuntungan itu selalu bersamanya. Walaupun begitu, bagi kelahirn Mangsa Kapat itu tidaklah berarti akan sama semuanya dalam segi keberuntungan dan keuangan. Seperti yang terjadi pada bidang pekerjaan dan karier, maka dalam segi Rejeki dan Penghidupan, juga di data dan ditentukan oleh Hari ketika dilahirkan. Dikelompokkan menjadi 3 kelompok juga.
Eka - Kelompok I : Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat. Mereka ini mempunyai rejeki yang baik, tetapi lebih mengutamakan kedudukan tinggi daripada uang. Apalagi dia sangat menggemari ilmu pengetahuan, dan hidup dalam ketenangan. Apa yang didapat dari pekerjaannya dirasa sudah cukup. Tidak terlalu mengejar materi. Tetapi nasibnya memang baik, maka di hari tuanya serba kecukupan dan bahagia.
Dwi - Kelompok II : Mereka adalah orang kelahiran Mangsa Katelu yang dilahirkan pada Hari Senin. Kelompok ini adalah orang yang banyak keberuntungannya. Selain harta dan pekerjaan yang mudah didapat, dia sendiri mempunyai kelebihan-kelebihan keterampilan. Semua itu karena dia gemar belajar dan selalu berguru. Artinya mengikuti kursus-kursus, disamping dapat menyelesaikan sekolah dengan baik. Keberuntungan selalu beserta padanya, sehingga sejak masih muda sudah mendapat kemudahan mencari uang, maka hingga hari tuanya nanti, dia selalu dalam hidup senang dan bahagia.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka ini adalah orang-orang yang senang bekerja keras. Berdasarkan pendataan Horoskop Jawa, Pranata Mangsa, maka kelahiran Hari Selasa, Kamis dan Sabtu adalah orang yang paling bahagia. Seumur hidupnya tidak pernah mengalami kekurangan uang, rejekinya melimpah rauh. Begitu pula kariernya sangat baik. Tetapi tidak menjadikan orang kelahiran ini menjadi pongah dan sombong, karena memang itu bukan sifat orang Kapat. Justru dia lebih cenderung mendermakansebagian hartanya untuk kepentingan umat. Tidak memilih golongan, bangsa dan agama.

V. MANGSA KALIMA (14 Oktober - 9 Nopember)
Bagi yang terlahir pada Mangsa Kalima dalam bidang keberuntungan dan rejekinya termasuk baik. Tetapi Horoskop Jawa membaginya dalam 3 Kelompok. Kelompok itu adalah kelompok berdasarkan Hari Kelahiran, yang tentunya mempunyai perbedaan satu dengan yang lain. Kelompok-kelompok itu adalah sebagai berikut :
Eka - Kelompok I : Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat. Yang terlahir pada kelompok ini, pada umumnya mempunyai kemampuan berusaha dalam bidang Komersial. Tidak melewatkan kesempatan yang ada, maka tidak pernah mengalami kesulitan masalah keuangan. Dia selalu mendapatkan keberhasilan yang gemilang, semua itu berkat kegigihannya. Dalam Usia 29 tahun, akan mendapatkan rejeki nomplok, artinya keuntungan yang sangat besar yang tidak terduga. Keuntungan inilah yang kelak akan mengangkatnya menjadi Kaya Raya.
Dwi - Kelompok II : Mereka adalah orang kelahiran Mangsa Kalima yang dilahirkan pada Hari Senin. Kelahiran Senin, mempunyai pengaruh yang kuat dalam segi materi. Karenanya sangat berhati-hati dengan uang, walaupun rejekinya sangat baik, bahkan dapat dikatakan melimpah. Lebih baik lagi setelah menikah.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka yang termasuk kelompok ini, masa depannya sangat gemilang. Sejak remaja sudah dapat terlihat keberuntungannya. Bahkan sukses yang telah dicapainya dengan gemilang akan mengantar dia kearah yang lebih tinggi lagi, hingga ke percaturan Internasional. Rejekinya terus melimpah, kariernya terus mencuat, bahkan hidup berumah tangganya pun bahagia.

VI. MANGSA KANEM (10 Nopember - 22 Desember)
Seperti juga yang tertera pada bagian pekerjaan, bagi orang yang terlahir pada Mangsa Kanem tentang rejeki dan penghidupannya bergantung pada hari kelahiran. Berdasarkan Ilmu Horoskop Jawa yang menentukan kedudukan Weton dan Wuku pada Mangsa Kanem maka Astrologi Jawa menjabarkan menjadi 3 Kelompok pula sbb ;
Eka - Kelompok I : Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat. Mereka itu adalah orang yang akan berhasil pada usia tua. Ketika umurnya masih muda maka hidupnya menderita, kekurangan dan susah. Tetapi setelah usia mencapai 24 tahun keatas rejeki dan penghidupannya akan terus meningkat. Bahkan pada usianya yang ke 29 tahun dia akan menjadi orang yang kaya dan sukses.
Dwi - Kelompok II : Mereka adalah orang kelahiran Mangsa Kanem yang dilahirkan pada Hari Senin. Kelompok ini adalah orang yang mempunyai keberuntungan yang lebih baik. Karena setelah berusia 29 tahun rejekinya bagaikan air mengalir tak henti-hentinya. Seolah-olah segala yang dikerjakannya mendatangkan keuntungan yang melimpah. Sehingga layaklah kalau di hari tuanya orang kelahirn Mangsa Kanem hari Senin, ini hidup dalam bahagia di samping harta yang melimpah ruah.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Orang kelahiran Mangsa Kanem yang termasuk kelompok ketiga ini, sebelum berumur 29 tahun hidupnya dalam derita, ada-ada saja penyebabnya sampai pula pada bidang keuangan. Tetapi setelah berusia 29 tahun nasibnya mulai berubah baik. Bahkan pada perkembangan selanjutnya terus maju dan kaya raya. Tetapi seperti pada umumnya orang kelahiran Mangsa Kanem, walaupun telah menjadi orang yang berhasil dan kaya raya namun tidak angkuh. Bahkan pintunya selalu terbuka bagi siapa saja, artinya sebagian hartanya untuk disumbangkan kepada badan-badan social dan untuk menolong orang lain yang membutuhkan.

VII. MANGSA KAPITU (23 Desember - 3 Februari)
Masalah rejeki bagi orang kelahiran Mangsa Kapitu pada umumnya baik. Begitu pula penghidupannya lumayan, yang jelas tidak pernah mengalami kekurangan sejak masih kanak-kanak. Walaupun tidak senang menonjol dan bermewah-mewah. Namun begitu para ahli Astrologi Jawa, membagi tingkat keadaan sosial orang Mangsa Kapitu menjadi 3 kelompok kelahiran, sebagai berikut :
Eka - Kelompok I : Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat. Kelompok pertama ini tingkat sosialnya sedang. Walaupun sering jatuh bangun tetapi hari-harinya tidak mengalami kesulitan. Selain dari usahanya sendiri ada saja sahabat maupun familinya yang mengulurkan tangan membantu, baik pekerjaan maupun penghidupannya. Tetapi kalau orang Mangsa Kapitu kelompok ini, tidak salah dalam memilih bidang pekerjaan yang cocok baginya, maka kariernya akan baik, dengan sendirinya tingkat sosialnya akan baik dan penghidupannya akan berjalan lancar pula.
Dwi - Kelompok II : Mereka adalah yang dilahirkan pada Hari Senin. Kelompok ini, tentang status sosialnya termasuk baik, bahwa kalau memilih karier dibidang Kedokteran atau Rumah Sakit, pokoknya yang ada hubungannya dengan penyembuhan orang sakit akan sangat berhasil, maka tidak mengherankan kalau termasuk orang yang terpandang dan terkemuka di masyarakat. Segala urusannya selalu dapat mendatangkan uang.
Tri - Kelompok III : Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka yang terlahir pada hari tersebut, mempunyai kesempatan yang terbaik. Kesempatan terbaik sebagai orang terkaya bahkan terkemuka dikalangan Internasional. Bisa terjadi demikian karena kelahiran hari Selasa, Kamis dan Sabtu mempunyai sifat tegas dan tidak terlalu banyak basa-basi. Walaupun tidak meninggalkan sifat-sifat utama kelahiran Mangsa Kapitu malu bertanya dan mengakui kesalahan, tetapi jujur dan bekerja keras untuk mengatasi segala kesulitannya hingga berhasil. Inilah kunci utama yang dipegang bagi kelompok kelahiran ketiga ini. Maka setelah umur mencapai 29 tahun, tingkat sosialnya mencuat terus sampai hari tua. Pada usia sekitar 44 tahun, kedudukan tingkat social ekonominya telah benar-benar mantap. Bahkan salah seorang di antara anggota kelompok ini ada yang menjadi kaya raya.

VIII. MANGSA KAWOLU (4/5 Februari - 01 Maret)
Untuk mengetahui Kehidupan orang kelahiran Mangsa Kawolu baik itu tentang besar kecil-nya rejeki maupun penghidupannya, maka oleh pakar Horoskop Jawa mereka itu dikelompokkan menurut hari kelahirannya. Sedangkan pengelompokan itu terdiri dari tiga kelompok sebagai berikut.
Eka - Kelompok I : Kelompok Pertama terdiri dari hari kelahiran Minggu, Rabu, Jumat. Pada kelompok ini, mempunyai Rejeki Yang Baik. Mendapatkan Sumber Uang yang tidak ada kering-keringnya, mendapat kemudahan dalam mencari uang, bahkan sering terjadi dia mendapat rejeki yang tiba-tiba dan tidak terduga. Kalau rejeki-rejeki yang gampang tadi telah berkumpul, maka tidak mengherankan kalau orang Mangsa Kawolu kelompok ini dapat Kaya Raya. Walaupun begitu dia selalu memperhatikan orang tua, dan saudara-saudaranya, segala kekurangan mereka dibantunya. Bukan saja membantu Family sendiri, bahkan orang lain pun dibantunya.
Dwi - Kelompok II : Kelompok Kedua ini adalah kelahiran hari Senin. Kelompok ini mempunyai nasib agak berlainan dengan yang pertama. Ada sedikit hambatan, bersamaan dengan umur yang meningkat lebih dari 36 tahun mulailah keberuntungannya baik sekali. Bahkan dapat mencapai suatu diluar perhitungannya, suatu yang luar biasa. Kalau Pegawai akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, kalau Pedagang akan mendapat keuntungan yang besar sekali. Walaupun pada usia muda kurang keberuntungannya dalam datangnya rejeki tetapi tidak pernah mengalami kesulitan keuangan, karena selalu ada saja.
Tri - Kelompok III : Kelompok Ketiga ini, adalah kelahiran hari Selasa, Kamis, Sabtu. Orang Mangsa Kawolu yang termasuk dalam kelompok ini, mempunyai jalan penghidupannya kurang bahagia, tidak tentram, da selalu ada-ada saja didalam rumah tangganya. Tetapi dalam segi rejeki atau keuangan sangat melimpah. Banyak keberuntungannya dalam segi rejeki, bahkan hidupnya menjadi kaya raya. Pada umumnya orang kelompok Tiga ini sangat rukun dengan saudara-saudaranya. Walaupun kurang beruntung dalam berumah tangga, tetapi sukses dalam berusaha dan baik dalam karier-nya.

IX. MANGSA KASANGA (02 Maret - 26 Maret)
Pendataan berikut ini adalah untuk orang kelahiran Mangsa Kasanga, hal-hal yang menyangkut dengan penghidupannya. Tetapi Astrologi Kejawen dalam menentukan keadaan penghidupan orang Kasanga, mengadakan penelitian dengan mendata lewat hari kelahiran dalam tiga kelompok. Pengelompokan itu sebagai berikut.
Eka - Kelompok I : Orang Kasanga kelompok kesatu adalah lahir hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Dalam kelompok pertama, keadaan rejeki dan penghidupan cukup baik, rejekinya banyak. Tetapi sayangnya mempunyai jiwa sosial yang berlebihan menjurus pemborosan. Walaupun begitu, orang Kasanga kelompok ini, selalu ada saja yang mentransfer uang padanya. Tetapi kalau sampai umur 30 tahun ke atas tidak mau koreksi diri dan mengubah cara hidup, maka pada hari tuanya akan mengalami kemelaratan tanpa ada yang memperdulikan.
Dwi - Kelompok II : Orang Kasanga pada kelompok ini, kelahiran hari Senin. Dalam kelompok kedua ini, adalah orang Kasanga yang bernasib kurang baik. Bila telah mencapai rejeki lumayan, ada-ada saja gangguan dan pemborosan yang harus dilakukan. Nasibnya itu akan terus berlangsung hingga umur 36 tahun. Barulah pada usia 42 ke atas dapat memperbaiki jenjang ekonominya, untuk bekal hari tua dan keturunannya. Walaupun dalam bidang ekonomi mungkin membaik, tetapi ganti mengalami kerepotan dalam keluarga. Kurang bahagia dalam keharmonisan berkeluarga. Anak dan istrinya seolah memusuhi. Kembali kepada sifat orang Kasanga, walaupun dia menderita tetapi dapat tersungging senyum dibibir.
Tri - Kelompok III : Kelompok kelahiran Mangsa Kasanga kelahiran hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Kelompok ketiga ini mempunyai keberuntungan sosialnya sangat baik. Adalah tergolong kelompok orang Kasanga yang selalu mendapat keberuntungan. Segala usahanya selalu berhasil. Tidak pernah kekurangan uang. Lebih-lebih setelah menikah, rejekinya lebih baik, bahkan dapat diibaratkan "Selalu diberkahi Dewanya" artinya segala usahanya mendatangkan uang yang berlimpah-limpah. Pada usianya yang telah lanjut 40 tahun ke atas, rejekinya terus menumpuk bahkan di hari tua dapat menjadi orang yang kaya raya dan sosiawan. Bahkan ada yang mendirikan rumah yatim piatu untuk menyalurkan desakan jiwa sosialnya.

X. MANGSA KASADASA (27 Maret - 19 April)
Pada umumnya orang kelahiran Mangsa Kasadasa mempunyai tingkat alur perjalanan hidup yang baik, rejekinya cukup lumayan. Ditopang pula dengan berbagai kemampuannya mandiri, sehingga sejak masih remaja sudah dapat mencari uang. Tingkat komersialnya dimulai dari hobi yang kemudian dikomersialkan. Walau begitu, Astrolog Kejawen membuat rumusan untuk membedakan satu dengan yang lain dalam kelompok kelahiran Mangsa Kasadasa itu menjadi tiga bagian.
Eka - Kelompok I : Kelompok ini adalah kelahiran hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Orang Kasadasa dalam kelompok pertama ini adalah orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang paling baik. Tidak pernah kekurangan uang. Dia sangat pandai bergaul, sehingga banyak koneksi dan banyak yang mendukung dalam urusan apa saja. Segala yang diusahakannya selalu sukses dan mendatangkan keuntungan moral maupun uang. Hal tersebut berlanjut hingga hari tua. Anak-anaknya sukses dalam pendidikan tinggi.
Dwi - Kelompok II : Kelompok ini adalah kelahiran hari Senin. Orang Kasadasa kelompok kedua ini mengutamakan uluran tangan dan inspirasi orang kedua. Baik itu dilingkungan keluarga, sahabat, dan masyarakat. Dengan dukungan merekalah semua usahanya akan berjalan. Walaupun pada umumnya orang Kasadasa jarang kekurangan uang, tetapi tanpa usaha yang keras, tidak akan berhasil meningkatkan tingkat sosialnya.
Tri - Kelompok III : Kelompok ini adalah kelahiran hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Orang Kasadasa kelompok ketiga ini agak kurang baik keberuntungannya. Setiap langkah-langkah yang dikerjakan selalu mengalami kegagalan, walaupun tidak berarti bangkrut sama sekali, tetapi selalu mengalami kegagalan. Namun orang Kasadasa mempunyai sifat tabah, ulet dan disiplin militer yang kuat, setelah umur mencapai 30 tahun khususnya kelahiran Selasa Kliwon, Kamis Pon, dan Sabtu Paing, maka keadaan ekonominya akan meningkat baik sekali. Bahkan kalau ulet dan hemat akan mencapai keberhasilan juga di hari tuanya.

XI. MANGSA DESTA (20 April - 12 Mei)
Dalam mendata tentang kehidupan dan penghidupannya maka kembali lagi kepada pendapat para Astrolog Jawa. Bahwa nasib dan status sosial orang lelahiran Mangsa Desta dikelompokkan keadaannya berdasarkan hari kelahirannya menjadi tiga kelompok.
Eka - Kelompok I : Kelompok pertama ini terlahir pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Mereka ini rata-rata tingkat ekonominya baik. Mencari uang gampang, usaha apapun dapat berhasil dan keuntungannya cukup baik. Bagi mereka khususnya yang lahir di Minggu Kliwon, Rabu Pon, dan Jumat Pon pada usia 24 tahun akan menemukan rejeki yang lumayan dan itu dapat untuk modal. Pada umumnya kelompok ini di hari tuanya cukup baik bahkan dapat kaya dan bahagia.
Dwi - Kelompok II : Kelompok kedua ini kelahiran hari Senin. Kelompok ini termasuk orang Desta yang kurang berhasil. Segala usahanya akan selalu ada hambatan, bahkan sering pula kekurangan uang. Maka kalau kebetulan sedang mendapat rejeki yang baik, harus menyisihkan uangnya untuk menabung. Hari baik yang kemungkinan dapat rejeki baik adalah kelahiran Senin Legi pada usia 30 tahun. Senin Wage pada usia 36 tahun. Senin Kliwon pada usia 30 tahun. Yang kami utarakan tersebut adalah saat usia yang baik dan rejeki agung. Maka harus berhati-hati memanfaatkan uang pada saat itu. Kalau tidak maka di hari tua akan melarat karena kekurangan uang.
Tri - Kelompok III : Kelompok ketiga ini kelahiran hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Kelompok kelahiran yang ketiga ini pun tidak begitu beruntung. Maka harus berhati-hati dalam memilih pekerjaan dan dalam menangani keuangan, karena jika salah dapat melarat dan selalu kekurangan uang. Tetapi rata-rata pada usianya yang memasuki 30 tahun, rejekinya agak baik. Maka pada saat itulah kesempatan untuk memanfaatkan uangnya untuk keperluan yang penting sehubungan dengan masa depan, kalau tidak maka di hari tuanya akan melarat.

XII. MANGSA SADDHA (13 Mei - 22 Juni)
Pada umumnya orang kelahiran Mangsa Saddha penghidupannya kurang baik. Semua itu dapat terjadi karena orang Saddha selalu bimbang dan mendua hati, maka banyak kesempatan emas yang terlepas. Begitu pula dalam mengerjakan segala sesuatu selalu terburu-buru, yang akibatnya sering berbuat kesalahan. Sehingga pekerjaannya itu sia-sia dan menanggung rugi. Dengan demikian selalu kekurangan uang dan selalu dirundung hutang. Walau begitu, pakar Astrologi Jawa telah mengelompokkan orang kelahiran Mangsa Saddha menjadi tiga kelompok, dengan pedoman pada hari kelahirannya.
Eka - Kelompok I : Kelompok pertama ini terlahir pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Mereka yang terlahir pada kelompok ini, rejeki dan penghidupannya agak kurang baik, dia harus berjuang gigih untuk memperjuangkan kehidupannya. Tetapi setelah usia 30 tahun bagi mereka yang terlahir pada Minggu Wage, Rabu Wage, Minggu Pon, Rabu Legi, Jumat Kliwon, Minggu Paing, Rabu Pon, Rabu Kliwon, Jumat Paing, kehidupannya akan lebih baik. Sedangkan selain weton-weton tersebut, maka harus banyak berjuang dan jangan berputus asa.
Dwi - Kelompok II : Kelompok kedua ini terlahir pada hari Senin. Mereka yang terlahir pada kelompok ini mempunyai nasib yang lebih baik dari yang pertama. Tetapi sering pula mengalami kesulitan karena sikapnya yang mendua, pembimbang dan kurang tegas mengambil sikap. Tetapi setelah usia 30 tahun bagi yang lahir hari Senin Legi, Senin Pon, Senin Kliwon, keadaan penghidupannya akan lebih baik. Bagi mereka yang tidak masuk dalam catatan ini jangan berkecil hati, karena akan baik juga pada usia mencapai 35 tahun. Pada hari tua akan mencapai keberhasilan setelah dapat mengetahui jati dirinya, akan lebih berhati-hati dalam langkahnya.
Tri - Kelompok III : Kelompok ketiga ini terlahir pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini, keadaan penghidupannya baik sekali. Semua itu dapat terjadi karena orang yang terlahir dalam kelompok ini agak realistis. Mau menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Mau mempergunakan rasio. Walaupun sifat bimbang dan keraguan itu ada, tetapi dapat terkendalikan dengan fikiran yang sehat dan realistis. Dalam usia 24 tahun sudah mulai baik ekonominya, mereka itu adalah kelahiran Kamis Legi, Sabtu Legi, Sabtu Kliwon. Dan yang terlahir pada weton lainnya, maka akan mulai berhasil pada usia 29 tahun. Tetapi pada umumnya kelahiran kelompok ketiga ini akan mengalami kehidupan yang baik di hari tua, kaya raya dan bahagia.

Copyright © PRIMBON™ - All Rights Reserved