PENAMPAKAN HANTU TERPOPULER DI DUNIA

1. The Brown Lady Of Rayrnham Rall
Foto sesosok wanita ini diambil pada tahun 1936 di Raynham Hall, Norfolk, I ggris, dan dianggap sebagai foto hantu terpopuler terbaik yang pernah ada. Di­sebut The Brown Lady karena penampak­annya selalu mengenakan gaun berwarna cokelat. Sosok hantu wanita itu diyakini sebagai Lady Dorothy Townshend, istri Charles Townshend, yang tinggal di Rayn­ham Hall, pada awal 1700-an. Ia meni­nggal secara misterius pada tahun 1726, dan penampakannya dimulai tak lama setelah itu. Konon, sebelum menikahi Charles, Dorothy adalah kekasih Lord Wharton. Charles mencurigai ketidakse­tiaan Dorothy. Meski menurut catatan, Dorothy dikubur pada tahun 1726, tapi ada kecurigaan bahwa pemakaman itu palsu. Karena sebenarnya Charles telah mengurung istrinya di tempat tersembu­nyi di dalam rumahnya, sampai akhirnya hantu Dorothy itulah yang terlihat serirW bergentayangan di sana. Kesaksian ten­tang penampakan hantu The Brown Lady yang paling terkenal adalah dari Major Loftus yang menempati Raynham Hall pada tahun1849. Pada suatu malam, ia dan temannya, Hawkins mengaku meli­hat sosok wanita bergaun coklat di salah satu ruangan. Ketika didekati, wanita itu menghilang. Loftus pun makin penasaran. Esok harinya, ia kembali ke ruangan, dan ternyata benar, hantu wanita itu muncul lagi. Hanya, yang lebih mengerikan adalah wajah hantu itu kedua matanya bolong.

2. Hantu Kursi
Seseorang bernama Archie Bunker dikenal sangat mencintai kursinya. Saking cintanya, ia selalu menghabis­kan waktunya dengan duduk di kursi kesayangannya itu. Bahkan tidak boleh seorang pun yang mendudukinya. Pada tahun 1891, ia meninggal dunia. Suatu hari, seorang fotografer akan mengam­bil foto di ruang perpustakaan di mana kursi Bunker berada. Sementara seiisi ru­mah sedang menghadiri pemakanan Lord Combermere yang jaraknya 4 mil dari sana. Saat mengambil gambar kursi, ia terkejut karena melihat ada seorang laki­laki duduk di sana. Kepala dan lengannya pun terlihat jelas. Seisi rumah meyakini jika apa yang dilihat"fotografer itu adalah penampakan arwah dari tuannya.

3. Freddy Jackson
Foto ini sempat menggerkan Angkatan Udara Inggris dalam PD I. Freddy Jack­on, seorang montir skwadron I, Royal Air Force, yang pada masa tugasnya melayani HMS Daedalus, tewas terhantam baling­baling pesawat pada tahun 1919. Dua hari kemudian, ketika para anggota skwadron berfoto bersama, hasilnya, wajah Freddy terpampang di foto itu. Ia terlihat terse­nyum di samping telinga temannya. Dan semua temannya meyakini bahwa sosok hantu itu adalah Freddy.
4. Hantu di Tangga Museum Nasional, Greenwich, Inggris
Foto yang fenomenal ini diambil pada tahun 1966. Rev Ralph Hardy, seorag pensiunan pendeta dari White Rock, Co­lumbia Inggris, tertarik membuat foto tangga di ruang Queen House Museum Nasional di Greenwich, Inggris. Hasilnya, ternyata dalam foto itu ada sosok orang yang tubuhnya berkabut tepgah menaiki tangga sambil memegang anak tangga dengan kedua tangannya. Ahli foto, ter­masuk dari pihak Kodak, melakukan ana­lisa terhadap klise foto tersebut dan me­nyatakan bahwa klise foto itu asli. Ralph pun mengatakan bahwa saat memotret tidak ada siapa pun di sana selain dirinya, jadi ia pun tidak dapat menjelaskan pe­nampakan sosok dalam hasil jepretannya itu.

5. Darn Backseat Drivers
Mable Chinnery mengunjungi makam ibunya pada tahun 1959. Di sana ia mengambil beberapa foto, lalu memotret suaminya yang ketika itu berada seorang diri di belakang kemudi. Alangkah terke­jutnya ia karena setelah melihat hasil jepretannya ada seseorang berkacamata duduk di kursi penumpang belakang. Ia yakin sosok itu adalah ibunya karena siang itu tidak ada orang lain di sana.

6. Hantu Gadis Kecil yang Terbakar
Pada tahun 1677 di Wem Town Hall di Shropshire, Inggris, pernah terjadi ke­b'akaran hebat yang meludeskan banyak rumah yang terbuat dari kayu. Konon, api tersebut disebabkan olah seorang ga­dis Jane Churm, 14 tahun, yang ceroboh menggunakan lilin. Pada 19 November 1995 terjadi lagi kebakaran dahsyat di lokasi yang sama. Saat pemadam keba­karan bekerja memadamkan api, salah seorang warga, Tony O'Rahilly, memotret peristiwa kebakaran itu. Hasilnya, pada salah satu foto di dekat pintu terlihat se­orang gadis kecil dengan latar belakang kobaran api yang membara. Untuk memastikan kebenarannya, maka klise foto di analisa oleh sejumlah pakar. Mereka menyatakan bahwa foto tersebut asli, tidak ada rekayasa. Diduga, sosok gadis itu adalah Jane yang merupakan korban yang tewas dalam kebakaran masa lalu.

7. Hantu Anak Kecil Di Pemakaman
Suatu hari Mrs. Andrews mengun­ungi makam anak perempuannya yang bernama Joyce. Menurutnya, ketika ia mengambil gambar makam anaknya tersebut tidak melihat seorang pun di sana. Tapi hasil fotonya sungguh mence­ngangkan, karena terlihat ada anak kecil yang sedang bermain diatas makam. Bah­kan hantu anak kecil itu mengetahui ke­beradaan Mrs. Andrews. Hal ini terbukti saat difoto wajah hantu bocah itu meng­hadap kamera. Padahal, sebelumnya ia tidak melihat siapapun disana dan tidak mengenal anak itu. Ia juga tidak percaya jika hantu itu adalah anak perempuan­nya.

8. Hantu di Gereaa
Foto ini berasal ketika pendeta K.F. Lord mengambil gambar altar gerejanya di North Yorkshire. Inggris. Ada sesosok pe­nampakan tinggi besar berdiri di sana. Foto dan klise telah diperiksa dengan sak­sama oleh para pakar foto. Mereka tidak menemukan satu bukti pun bahwa foto itu telah direkayasa. Sosok dalam foto itu mirip seorang pendeta pada masa lalu.


9. Hantu di Gereja St. Rotalph, London
Pada tahun 1982, seorang fotografer Chris Brackley memotret bagian dalam gereja St. Botolph di London. Hasil­nya, terlihat samar-samar bayangan seorang wanita di lantai atas gereja. Padahal menurut Brackley, tak satupun diantara mereka yang berada diloteng itu.






10. Hantu di Persimpangan Re1 Kereta Api San Antonio, Texas
Persimpangan rel kereta api di San Antonio Texas ini terkenal berhantu. Konon, pernah terjadi peristiwa mengeri­kan, seperti beberapa anak sekolah yang dibunuh. Hantu mereka bergentayangan di kawasan itu dan kerap menampakkan diri pada setiap orang yang melintas di sana. Ternyata ada beberapa orang yang tidak mempercayai cerita tersebut dan ingin membuktikannya. Malam itu, Andy dan Debi, anak perempuan Chesney serta beberapa temannya, mengambil foto di sana. Ternyata hasilnya luar biasa, bayangan transparan yang aneh ditemu­kan di salah satu foto.

11. Hantu di Pemakaman Bachelor Grover Chicago
Foto ini diambil di pemakaman Bache­lor Grove, dekat Chicago, oleh perkum­ulan peneliti hantu. Selama ini komplek pemakaman tersebut dianggap pang angker di AS, karena itu mereka datang untuk meneliti kebenarannya. Konon, ada sekitar;100 laporan seputar penampakan hantu di sekitar sana, termasuk kasus bunyi-bunyian aneh, bola bersinar, dan sebagainya. Tim peneliti haWtu pun men­coba melakukan beberapa pemotretan. Hasilnya sungguh aneh, dalam foto tam­pak seorang gadis yang terlihat kesepian. Ia mengenakan baju putih dan duduk di atas batu nisan. Tubuhnya pun seperti tembus pandang dengan model pakaian­nya yang kuno.

12. Hantu Kakek
Cerita bermula saat cucu dari pemi­liki foto ini mengambil foto neneknya yang berusia 94 tahun. Saat itu mereka sedang piknik bersama dan mengambil foto sang nenek yang duduk sendiri. Foto ini diambil pada hari Minggu, 17 Agustus 1997. Ketika dicetak, tidak ada yang aneh. Tapi keanehan terjadi ketika Natal tahun 2000 dan sang nenek telah meninggal. Alangkah terkejutnya mereka ketika me­lihat kembali foto nenek, di belakangnya ada seorang laki-laki yang mirip seperti kakek. Padahal sebelum foto itu dibuat, si kakek sudah lama meninggal. Anehnya, penampakan kakek dalam foto baru mun­cul ketika nenek telah meninggal.

13. Hantu Kapal Tanker SS Watertown
Pada tahun 1924, dua awak kapal tank­er dari SS Watertown, ames Courtney dan Michael Meehan tewas karena gas beracun saat membersihkan tank kargo. Karena berada di tengah laut, akhirnya jenazah keduanya dibuang dilepas pan­tai Meksiko pada 4 Desember. Anehnya pada 5 Desember dilaporkan keduanya berada di pelabuhan. Setelah itu, mun­cul lagi laporan jika dua sosok itu kerap menampakkan diri pada para awak kapal, termasuk hantu mereka muncul di depan sang kapten, Keith Tracy. Perijtiwa ini ke­mudian dilaporkan pada pihak pengawas saat kapal masuk pelabuhan di New Or­leans. Lalu muncul ide untuk memotret dua hantu tersebut. Ketika kapal berla­yar lagi, kapten pun memotret bagian­bagian kapal di mana dua hantu itu se­ring menampakkan diri. Ada enam foto yang diambil. Setelah itu, kamera ditaruh di lemari besi. Ketika kapal memasuki Kota New York, foto-foto itu pun dicetak. Ternyata foto-foto tersebut berhasil me­rekam wajah kedua hantu yang mirip dua awak yang tewas itu. Keaslian foto-foto pun sudah diperiksa dan terbukti tidak ada rekayasa. Anehnya, kedua hantu itu berhenti menampakkan diri di kapal Wa­tertown, setelah seluruh awak dan kapten kapal diganti dengan yang baru.

(Sumber: Buku Misteri Hantu Dunia)

<<< Info Unik & Misteri

Bagikan artikel ini di: